Fugsi Statistik Dasar Ms. Excel Dan Nilai Absolut

Assalamu' alaikum Wr. Wb.

Fungsi Statistik (Statistical Function)

Fungsi Statistik Microsoft Excel merupakan kategori fungsi yang sering digunakan dalam penggunaan fungsi dalam Microsoft Excel, dimana dalam aplikasinya dapat dijabarkan fungsi-fungsi Statistik antara lain :

1.  Fungsi  SUM
Digunakan untuk menjumlahkan nilai data didalam suatu range tertentu.
Rumus = SUM(Range Data)
Contoh : = SUM (D2:D6)
2.  Fungsi AVERAGE (Rata-Rata)
Digunakan untuk menghitung nilai rata rata dari nilai data didalam suatu range .
Rumus = AVERAGE(Range Data)
Contoh : = AVERAGE (D2:F2)
3.  Fungsi MAX (Maksimum)
Digunakan untuk menentukan nilai data yang tertinggi (terbesar) dibandingkan nilai data yang lain didalam suatu range .
Rumus = MAX(Range Data)
Contoh : = MAX (D2:D6)
4.  Fungsi  MIN (Minimum)
Digunakan untuk menentukan nilai data yang terendah (terkecil) dibandingkan nilai data yang lain didalam suatu range.
Rumus : MIN(Range Data)
Contoh : = MIN (D2:D6)
5.  Fungsi  COUNT
Digunakan Untuk menghitung jumlah banyaknya data ( numeric/angka) yang ada didalam sebuah range.
Rumus = COUNT(Range Data)
Contoh : = COUNT (D2:D6)
6.  Fungsi COUNTA
Digunakan untuk menghitung jumlah cel-cel yang berisi data angka (numeric) dan hurup (character).
Rumus = COUNTA(Range Data)
Contoh : = COUNTA(J2:J7)
7.  Fungsi COUNTIF
Countif, digunakan untuk menghitung jumlah sel-sel yang berisi data angka (numeric) dan huruf (Character) berdasarkan kriteria yang diinginkan.
Rumus =COUNTIF(range,kriteria)
Contoh : =COUNTIF(M2:M7;M2)
8.  Fungsi COUNTBLANK
Countblank, digunakan untuk menghitung jumlah sel-sel, dimana sel-sel tesebut tidak bernilai (null).
Rumus =COUNTBLANK(range).
Contoh : =COUNTBLANK(J2:J7)
 
Berikut contoh penggunaannya dalam tabel sederhana : 
 
dilihat dari gambar diatas yang terdapat di kolom "j" merupakan rumus yang digunakan untuk menentukan hasil dari kolom "i".

 Dari kolom diatas terlihat kolom "i" menggunakan fungsi Countif untuk menghitung range "C29:H29".
 

 Nilai Absolut

Nilai Absolut merupakan suatu tanda ($) yang terdapat dalam Ms. Excel dan digunakan sebagai tempat referensi dari suatu formula di lainnya, dengan nilai absolut rumus yang kita gunakan dengan cara "drag and drop", tidak akan menghasilkan hasil dari preferensi yang berbeda, dengan kata lain, kita dapat selalu memindahkan rumus kita tanpa perlu khawatir referensinya akan berubah.

nilai absolut dapat ditempatkan pada kolom atau baris, atau baris dan kolom untuk mengunci suatu sel tertentu.
contoh :
  • $C2 (mengunci referensi pada kolom C tapi barisnya dapat berubah)
  • C$2 (mengunci referensi pada baris 2 tapi kolomnya dapat berubah)
  • $C$2 (mengunci referensi pada kolom C dan baris 2 )
 Contoh Gambar:
 Rumus dari range diatas adalah "=$A14+B$13".

Oke, mungkin itu sekian yang dapat saya sampaikan, Wassalamu' alaikum Wr. Wb.

Komentar