Operasi Hitung Dasar Ms. Excel

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Hi! hari ini saya akan menjelaskan mengenai beberapa fungsi-fungsi hitung dasar dari Ms. Excel. Oke tanpa basa basi langsung saja kita bahas;

Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2013 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2013.(sumber)

Fungsi Matematika Dasar dalam Ms. Excel:

  1. Penjumlahan 
  2. Pengurangan 
  3. Pembagian 
  4. Perkalian
  5. Pemangkatan
  6. Akar
  7. Logaritma 

1.Penjumlahan

Dapat Menggunakan Tanda "+" atau menggunakan fungsi "sum", Contoh : =1+2 kemudian klik  "Enter", atau =sum(1+2) kemudian klik  "Enter".

2.Pengurangan

Pengurangan dapat dilakukan dengan menggunakan "-".Contoh: =2-1 kemudian klik  "Enter".
  

3.Pembagian 

Dapat dilakukan dengan menggunakan "/".Contoh: =6/2 kemudian klik  "Enter".

4.Perkalian 

dapat dilakukan dengan menggunakan "*".Contoh: =4*2 kemudian klik  "Enter".

 Contoh Gambar:

Untuk Mengim-provisasi jenis Rumus dan perhitungan kita, tyinggal menyesuaikan dengan dasar-dasar matematika yang kita telah pelajari di sekolah. Misal dengan menggunakan tanda "( )" dan lain sebagainya.

5.Pemangkatan

Dapat dilakukan dengan menggunakan "^". Contoh: =2^3 kemudian klik  "Enter".
Contoh Gambar:


 Dari contoh diatas terlihat hasil penjumlahan (6+4) di pangkatkan 2.

6.akar

Dapat dilakukan dengan menggunakan "^(1/2)" dan jika menggunakan rumus kita dapat menggunakan formula "SQRT". Contoh : =SQRT(4) kemudian klik  "Enter".
Contoh Gambar:


 7.Logaritma

Dapat dilakukan dengan menggunakan formula "Log". Contoh : =log(60;4) kemudian klik  "Enter".
Contoh Gambar:
Mungkin segitu aja yang bisa saya share disini Wassalamu'alaikum Wr. Wb.


Komentar