Cara Membuat Pivot Tabel Sederhana

Assalamu'alaikum Wr.Wb.



Pivot Table merupakan sebuah tools pada aplikasi ms.excel yang digunakan untuk meringkas, menganalisis, serta mengeksplorasi data untuk disajikan menjadi sebuah laporan dalam bentuk tabel-tabel.

Fungsi pivot table ini adalah bertujuan agar sebuah data dapat disajikan secara ringkas berdasarkan parameter-parameter yang diberikan sesuai dengan kebutuhan data.

Dengan menggunakan pivot table diharapkan mempercepat analisa suatu data untuk mengambil suatu keputusan.

Cara Membuat
Pertama kita harus mempunyai data untuk dilakukan simulasi. Contoh data yang bisa digunakan untuk simulasi cara membuat pivot table, bisa dilihat pada gambar pivot table 1 dibawah ini.
·      Dari menu insert sobat pilih PivotTable pada kelompok table (disitu terdapat dua pilihan yaitu pivot table dan pivot chart), sobat pilih saja pada pivot table kemudian akan muncul form create pivot table.
 



 Pada select a table or range sobat silahkan blok data yang akan dilakukan pivot table

 


·      Kemudian pilih lokasi hasil pivot table akan ditempatkan pada choose where you want the PivotTable report to be place.  Disini terdapat 2 pilihan yaitu :
1.    New worksheet apabila sobat ingin menempatkan hasil pivot table pada worksheet baru yang masih kosong .
2.    Existing worksheet apabila sobat ingin hasil Pivot Table pada sheet yang sama dengan data yang akan di Pivot Table dengan memilih sel yang akan ditempatkan.
Jika pemilihan data dan penempatan data sudah dilakukan, sobat bisa tekan tombol ok untuk membuat dan memilih penyajian data pada pivotTable field list.
 
 Pada field list kita bisa memilih data yang akan disajikan dalam bentuk tabel


Cara untuk memilih field /data yang akan digunakan adalah dengan mencentang field-field yang terdapat pada choose fields to add to report.

Field berdasarkan data yang akan dicari ditempatkan pada report filter / row labels / column labels sedangkan field yang akan dicari nilainya ditempatkan pada values.

Field-field pada data yang akan dicari sobat excel bisa pindahkan sesuai dengan keinginan data pivot table disajikan
·      Report filter jika penyajian data terdapat filter.
·      Row labels jika penyajian data dalam bentuk baris (seperti pada contoh diatas).
·      Column labels jika penyajian data dalam bentuk kolom.

 

Klik dan scroll pada data yang ingin kita letakkan di field list
 Hasil yang keluar akan seperti ini:
untuk menambahkan perhitungan, kita bisa menambahkan data pada kolom "value"








 





Komentar