Memahami NIP Lewat Ms Excel

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Hi kali ini saya akan menjelaskan mengenai NIP pada pegawai negeri sipil.

apakah para pembaca sudah tahu apa itu NIP? NIP adalah singkatan dari Nomer Induk/Identitas Pegawai. Nah kalau anda adalah seorang Pegawai Negeri Sipil atau saudara anda ada yang bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil /PNS paling tidak anda mengetahui identitas dari NIP yang ada.
 
Baik kita bahas satu persatu dari angka warna Hitam. 19720124 ini adalah tanggal lahir yang punya NIP. 
Biasanya urut-urutanya tahun kelahiran/bulan kelahiran/tanggal kelahiran
Untuk no dengan warna Merah 200003 ini adalah tahun dia diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) seperti tahun di atas, dia diangkat pada bulan Maret tahun 2000. Formatnya adalah tahun pengangkatan pegawai,bulan pengangkatan.
Untuk angka warna Biru itu adalah jenis kelamin. Jika laki-laki biasanya dituliskan angka 1, dan perempuan biasanya angka 2
Untuk angka Hijau yang dituliskan angka 004 ini adalah nama yang sama saat pengangkatan di daerah tersebut. Kita melihat dari jumlah nama yang sama di tahun dan bulan pengangkatan. Jika namanya  ada 4 biasanya 004, jika ada nama yang hampir serupa biasanya di urutkan sesuai dengan Alfabet.
Sekarang Pada Ms Excel, Kita sudah tau apa itu bagian-bagian NIP, sekarang bagaimana jika kita suatu saat ingin membuat data NIP 1000 orang, yang pasti ribet, oleh karna itu kita gunakan ms excel, caranya seperti di bawah ini:
Pertama, siapkan terlebih dahulu data-data PNS yang akan dibuat NIP nya
Kedua, Ubah data tersebut menjadi general dan sesuai dengan ketentuan penulisan NIP
  1. Tanggal lahir. Untuk mengambil tahun, bulan dan tanggal lahir, kita dapat menggunakan formula Time&Date. Untuk mengambil tahun, kita menggunakan formula =Year(C3) kemudian Enter.
    Untuk mengambil bulan, kita menggunakan formula MONTH, IF,CONCATENATE (untuk menggabungkan angka nol dengan bulan), dan LEN(untuk menghitung jumlah karakter), karena untuk menambahkan angka 0 di depan bulan yang hanya 1 digit.
    Dan untuk mengambil Tanggal, kita juga formula DAY, IF, CONCATENATE (untuk menggabungkan angka nol dengan tanggal), dan LEN(untuk menghitung jumlah karakter), karena untuk menambahkan angka 0 di depan tanggal yang hanya 1 digit.
  2.  Tanggal Pengangkatan CPNS. Untuk bagian ini, kita melakukan hal yang sama seperti tanggal lahir, namun tidak mencantumkan tanggal pengangkatan.
  3. Jenis Kelamin. Pada bagian ini, kita menggunakan formula IF untuk memilih antara P atau L
  4. No. Urut. Pada bagian ini, kita menggunakan formula IF dan CONCATENATE. Hal ini dilakukan untuk menggabungkan angka nol dengan nomor urut yang digitnya kurang dari 3
 Ketiga, kita harus menggabungkan angka-angka yang sudah sesuai tersebut menjadi sebuah NIP dengan formula CONCATENATE
Keempat, Drag semua kolom yang belum lengkap tersebut ke arah bawah.
Kelima, Hide semua kolom pembantu (kolom merah) tersebut dengan cara mengeklik kanan pada mouse, dan pilih Hide.
Hasilnya akan menjadi seperti ini

Namun, bila kita ingin mencetak dokumen ini, Kolom yang kita Hide akan ikut tercetak. Cara agar hide tidak tercetak adalah dengan mengcopy semua formula pada kolom bantuan tersebut, kemudian menggabungkannya di kolom NIP dengan formula CONCATENATE.
Setelah itu, hapus semua kolom bantuan tersebut
 
 Oke Sekian Penjelasan saya tentang NIP Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Komentar