Perhitungan Gaji Sederhana Pada Ms Excel

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Hi, Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana saya menghitung sebuah perhitungan gaji secara sederhana dengan Ms Excel, tanpa panjang lebar langsung saja ini perhitungannya:

Kita misalkan ada data gaji seperti di bawah ini:

 

 dan sejumlah nama pegawai seperti ini:

 

Kemudian untuk memindahkan data gaji masing-masing pegawai kita buat rumus seperti ini :

 

fungsinya adalah untuk memindahkaan data pada tabel yang tyelah kita tentukan sebelumnya memnggunakan rumjjus vlookup, penjelasan tentang rumus vlookup bisa dilihat (disini). Jika sudah tinggal di Scrolling kebawah, maka hasilnya akan seperti ini:

 

 Oke dengan begitu perhitungan gaji "SECARA SEDERHANA" sudah selesai dibuat, tapi pada kenyataannya, perhitungannya leboih rumity dari itu masih ada pajak yang harus diperhitungkan, untuk cara menghitungnya secara sederhana ada (disini).

 Oke sekarang peng-aplikasiannya kedalam Ms. Excel:

kita buat dulu tambahan kolom seperti di bawah ini:

 

 kita misalkan beberapa dari pegawai tersebut ada yang sudah/belum menikah dengan simbol "K" dan "TK" lalu untuk kolom tunjangan (H3) kita buat rumus (sesuai dengan peraturan pemerintah) seperti ini:

 

untuk penjelasan mengenai operasi hitung dasar pada ms excel dapat dilihat (disini) dan penggunaan fungsi "if" (disini)

jika sudah dilanjutkan dengan kolom lainnya:

 

setelah itu tinggal di klik "Enter" dan di scroll ke bawah maka hasilnya akan seperti ini:

 

oke sekian penjelasan saya tentang perhitungan gaji sederhana pada Ms excel, mohon maaf jika ada kesalahan.

Wassalamu' alaikum Wr. Wb.

Komentar