Hi,
Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana saya menghitung sebuah
perhitungan gaji secara sederhana dengan Ms Excel, tanpa panjang lebar
langsung saja ini perhitungannya:
Kita misalkan ada data gaji seperti di bawah ini:
dan sejumlah nama pegawai seperti ini:
Kemudian untuk memindahkan data gaji masing-masing pegawai kita buat rumus seperti ini :
fungsinya
adalah untuk memindahkaan data pada tabel yang tyelah kita tentukan
sebelumnya memnggunakan rumjjus vlookup, penjelasan tentang rumus
vlookup bisa dilihat (disini). Jika sudah tinggal di Scrolling kebawah, maka hasilnya akan seperti ini:
Oke
dengan begitu perhitungan gaji "SECARA SEDERHANA" sudah selesai dibuat,
tapi pada kenyataannya, perhitungannya leboih rumity dari itu masih ada
pajak yang harus diperhitungkan, untuk cara menghitungnya secara sederhana ada (disini).
Oke sekarang peng-aplikasiannya kedalam Ms. Excel:
kita buat dulu tambahan kolom seperti di bawah ini:
kita
misalkan beberapa dari pegawai tersebut ada yang sudah/belum menikah
dengan simbol "K" dan "TK" lalu untuk kolom tunjangan (H3) kita buat
rumus (sesuai dengan peraturan pemerintah) seperti ini:
untuk penjelasan mengenai operasi hitung dasar pada ms excel dapat dilihat (disini) dan penggunaan fungsi "if" (disini)
jika sudah dilanjutkan dengan kolom lainnya:
setelah itu tinggal di klik "Enter" dan di scroll ke bawah maka hasilnya akan seperti ini:
oke sekian penjelasan saya tentang perhitungan gaji sederhana pada Ms excel, mohon maaf jika ada kesalahan.
Komentar
Posting Komentar